GET TO KNOW THE MARKETING MIX
Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, perusahaan
mengkombinasikan empat variabel yang sangat mendukung didalam menetukan
strategi pemasaran, kombinasi keempat variabel itu dikenal dengan istilah
bauran pemasaran (marketing mix).
Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Kualitas produk harus sangat diperhatikan dalam proses pemasaran ini. Kualitas produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen, sehingga besar pengaruhnya di dalam marketing.
Dengan kata lain marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen”.Berikut beberapa faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri 5p :
1. Product
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk
fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk
atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan
kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
2. Price
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis
dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan
seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode
pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan
kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan
diskon.
3. Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik
klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung.
Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
4. Place
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat,
dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis
Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat
menemukan Anda dengan mudah.Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan
lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
5. People
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk
bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service
yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan
secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai
balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan
program referral Anda.
Berikut beberapa faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri 7p :
a. Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat,
memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya
pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu
yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang
didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
b. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan
melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat
mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu
posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk,
dan pelayanan, serta persaingan.
c. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu
keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun
sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin
mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing
biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya
marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan
desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi
bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran
juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang
efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum
menentukan tempat atau lokasi pemasaran
d. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam
aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang
dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang
ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak
yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah
dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan
kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
e. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih
lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan
konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan
loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi
dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor
penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan
dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak
antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan
dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body
language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan
diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada
level yang diekspetasikan.
f. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses
penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa
adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality
assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan
sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi,
berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
g. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik
yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan
jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan
bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi
perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat
menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan
pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung,
khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.
(diakses tgl 11 November 2017)
sumber :
Komentar
Posting Komentar