Langkah-Langkah Komputerisasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
LABORATORIUM AKUNTANSI MENENGAH
NAMA
: Yosi Magdalena
NPM : 26217306
KELAS
: 2EB20
KP : Kak Dika
TUTOR :
TANGGAL : 7 April 2019
PARAF ASSISTEN
( )
LANGKAH-LANGKAH
MEMBUAT FLOWCHART PADA KASUS 2
(TERKOMPUTERISASI)
BAGIAN
GUDANG PARAGRAF 1
1.
Klik Microsoft Visio, lalu klik Flowchart, pilih Basic
Flowchart
2. - Drag
Terminator untuk menjelaskan “dimulainya dari bagian gudang”
-
Drag
Proses untuk menjelaskan “membuka
database barang”
-
Drag
Database untuk menjelaskan “DataBase
Barang”
3. - Drag
display untuk
menjelaskan “Pengecekam Ketersediaan Barang”
4.
- Drag Proses untuk menjelaskan “Membuat daftar Bahan Baku yang akan di
beli”
-
Drag Proses untuk menjelaskan “Membuat surat
permintaan pembelian (SPP)”
5.
- Drag Proses
untuk menjelaskan “Pencetakan SPP sebanyak 2 lembar”
6.
- Drag Document untuk menjelaskan “Pencetakan
pada SPP lembar ke-1”
-
Drag Merge untuk menjelaskan “SPP lebar 1 di arsip berdasarkan
tanggal”
7.
- Drag Document untuk menjelaskan “Pencetakan
SPP lembar ke-2”
-
Drag Off-Page
Reference untuk menjelaskan “Penyerahan
SPP lembar 2 ke bagian Pembelian”
8.
Sistem
Bagian Gudang Paragraf 1
BAGIAN GUDANG PARAGRAF 2
1. Bikin Drag Off Connection 2 di isi no 3 dan no 6 , lalu drag Document 1 menjelaskan “SOP
lembar 2” dan Drag Document 2 menjelaskan “
LPB lembar 3“ bersama BARANG
diisi di Annotation
2. - Drag Process yang menjelaskan kegiatan manual memeriksa SOP lembar 3 dan
LPB lembar 2
-
Drag
Manual Operation yang menjelaskan
kegiatan manual “Melakukan Penyimpanan Barang”
3. Drag
Document menjadi 2 : Document 1 menjelaskan
“SOP lembar 3 diarsip tetap berdasarkan tanggal” nanti di drag Extract untuk
menggambarkan arsip permanen.
4.
Berikut adalah flowchart BAGIAN GUDANG PARAGRAF 2 KOMPUTERISASI
BAGIAN PEMBELIAN
KOMPUTERISASI
1.
pembelian menerima SPP lembar 2 dari bagian
gudang
2.
Drag Manual Operation untuk
menjelaskan kegaiatan manual yaitu “melakukan Penawaran Harga dan menentukan
Pemasok”
3.
Drag Process untuk menjelaskan “membuat Surat Order Pembelian (SOP)
sebnayak 4 lembar”
4.
Drag Process untuk menjelaskan kegiatan Kompeterisasi yaitu “mencetak
SOP sebanyak 4 lembar”
5.
Drag Document
untuk menjelaskan :
-
SOP lembar 1 diberikan ke pemasok
-
SOP lembar 2 diberikan ke bagian penerimaan
barang
-
SOP lembar 3 diberikan kepada bagian Gudang
-
SOP lembar 4 dan SPP lembar 2 diarsip
berdasarkan tanggal
6. Berikut
adalah flowchart Bagian Pembelian
BAGIAN
KOMPUTERISASI PENERIMAAN BARANG
1. Drag
Off Connection isi No 2 lalu Drag Document menjelaskan “SOP
lembar 2”, lalu drag Process menjelaskan “menerima Faktur bersama
barang dari pemasok”
2.
Drag Document
isi FAKTUR lalu drag Decision menjelaskan
kegiatan “Mencocokkan dokumen serta mutu dan kualitas barang”
3.
Drag
shape Document untuk membuat dokumen
SOP 2 dan Faktur sedangkan untuk keterangan “bersama barang” drag shape Annocation. Untuk off connection 4 drug
shape Off Page Connection yang
menjelaskan SOP lembar 2 dikembalikan ke
bagian pembelian, dan untuk Pemasok drug
Terminator.
4.
Kegiatan
selanjutnya yaitu apabila cocok “Membuat LPB 2 Lembar” dengan
cara Drag shape Process, lalu “Mencetak
LPB 2 lembar” dengan cara Drag shape External Entity
5.
Drag
shape Document untuk menjelaskan “faktur di serahkan ke bagian keuangan” yang
membuat lagi off connection dengan drag shape Off page reference diberi nomor 5
6.
Drag
kembali shape Document menjelaskan
LPB lembar 2 diserahkan ke bagian gudang dengan membuat off connection bernomor 6.
7.
Drag
kembali shape Document yang
menjelaskan LPB Lembar dan SOP lembar 2 diarsip. Untuk membuat arsip, drag Merge lalu beri tanda T
8.
Dan
inilah hasil flowchart kegiatan komputerisasi Bagian Penerimaan Barang
BAGIAN
KEUANGAN PARAGRAF 1
1.
Drag
Off Connection menjadi 2 yaitu Off connection isi No 5 menjelaskan “Faktur
dari bagian penerimaan baru” . Off
Connection isi No 7 menjelaskan “ LPB lembar 2”
2.
Drag
Process yang menjelaskan “Memeriksa
Faktur dan LPB 2”
3.
Drag Process menjelaskan “melakukan pembayaran”, lalu drag
Annotation (keterangan) menjelaskan “Pembayaran via ATM”
4.
Drag Process menjelaskan kegiatan “entry data keuangan” lalu drag DataBase menjelaskan “Database keuangan”, lalu
drag Manual Operation menjelaskan
kegiatan manual “membuat BKK 3 lembar” dan Drag Process menjelaskan “mencetak BBK 3 lembar”
5.
Drag
Document menjadi 6 Di dalam Document 1 yang menjelaskan “BKK
1 dibawahnya akan diberikan kepada pemasok. “
Di
dalam Document 2,3,4,5,6 yang menjelaskan “BKK 2, BKK3 LPB 2,Faktur dan BT” nanti di drag Merge untuk menggambarkan arsip yang dapat digunakan kembali. Lalu
Drag On Conection isi no 1masih
berhubungan dengan halaman selanjutya
BAGIAN
KEUANGAN PARAGRAF 2 KOMPUTERISASI
1.
Ketik
pemasok , lalu drag Manual Operation
menjelaskan kegiatan manual “menerima Faktur Lunas dari pemasok”
2.
Drag
Document lalu isi Faktur Lunas (FL)
, Drag Decision menjelaskan “Mencocokan
dokumen BKK lembar 2, BKK lembar 3 dan
Faktur Lunas (FL)”
3.
Drag
Keputusan (Decision) “TIDAK” menjelaskan “Jika
tidak cocok Faktur Lunas dikembalikan ke pemasok”
4.
Drag Manual Operation “YA” menjelaskan “apabila
cocok maka dilanjutkan kebagian
selanjutnya , lalu drag Manual Operation menjelaskan “ Mengotorisasi BKK lembar 2 dan
BKK lembar 3”, lalu drag Annotation
(keterangan ) isi LUNAS
5. Drag Documents menjadi 3 yaitu Documents
1 menjelaskan “FL” , Document 2
menjelaskan “BBK lembar 2 oto diserahkan ke bagian akuntansi ” dan Documen 3 menjelaskan “BBK lembar 3 oto diarsip
tetap berdasarkan tanggal ” nanti di drag Off Connection untuk dikirim
ke bagian selanjutnya. Drag Merge untuk
menggambarkan arsip yang dapat digunakan kembali
6.
Berikut adalah flowchart BAGIAN KEUANGAN KOMPUTERISASI PARAGRAF 2
BAGIAN AKUNTANSI
KOMPUTERISASI
1. Drag
Off
Connection isi No 8 lalu Drag Document menjadi 2 : Document 1 untuk menjelaskan “menerima
BKK lembar 2 OTO dari bagian keuangan ” dan Document 2 untuk menjelaskan “Faktur Lunas dari bagian keuangan”
3.
Drag
Process untuk menjelaskan kegiatan
manual “Membuat Jurnal” . Drag Data untuk menjelaskan “Jurnal”
4. - Drag Documents menjadi 3 yaitu Documents
1 menjelaskan “LPT diserahkan ke pimpinan” , Document 2 menjelaskan “BBK lembar 2 oto diserahkan ke bagian
akuntansi ” dan Documen 3 menjelaskan ”FL diarsip tetap berdasarkan
tanggal” nanti di drag Extract untuk
menggambarkan arsip permanen.
-
Drag
Data menjelaskan Jurnal lalu drag Document jadi 2 : Data 1 menjelaskan “Buku Besar dan Data 2 menjelaskan Kartu Persediaan.
5.
Berikut adalah flowchart BAGIAN AKUNTANSI KOMPUTERISASI
Komentar
Posting Komentar