Langkah-Langkah Komputerisasi




UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
LABORATORIUM AKUNTANSI MENENGAH


NAMA                         : Yosi Magdalena
NPM                            : 26217306
KELAS                        : 2EB20
KP                               : Kak Dika
TUTOR                        :
TANGGAL                  : 7 April 2019



PARAF ASSISTEN


                                                                                                                                          (                             )










LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT FLOWCHART PADA KASUS  2
(TERKOMPUTERISASI)

BAGIAN GUDANG PARAGRAF 1
1.      Klik Microsoft Visio, lalu klik Flowchart, pilih Basic Flowchart










2.      -    Drag Terminator  untuk menjelaskan dimulainya dari bagian gudang
-          Drag Proses untuk menjelaskan “membuka database barang”
-          Drag Database untuk menjelaskan DataBase Barang”

3.      -    Drag display untuk menjelaskan “Pengecekam Ketersediaan Barang”

 

4.       -      Drag Proses untuk menjelaskan “Membuat daftar Bahan Baku yang akan di beli”
-          Drag Proses  untuk menjelaskan “Membuat  surat  permintaan pembelian (SPP)”
5.       -  Drag Proses untuk menjelaskan “Pencetakan SPP sebanyak 2 lembar”


6.       -     Drag  Document untuk menjelaskan “Pencetakan pada SPP  lembar ke-1”
-          Drag Merge  untuk menjelaskan “SPP lebar 1 di arsip berdasarkan tanggal”

7.       -     Drag Document untuk menjelaskan “Pencetakan SPP lembar ke-2”
-          Drag Off-Page Reference  untuk menjelaskan “Penyerahan SPP lembar 2 ke bagian Pembelian”

8.       Sistem Bagian Gudang Paragraf 1
BAGIAN GUDANG PARAGRAF 2
1.      Bikin Drag Off Connection 2 di isi no 3 dan no 6 , lalu drag Document 1 menjelaskan “SOP lembar 2” dan  Drag Document 2 menjelaskan “ LPB lembar 3“ bersama BARANG diisi di Annotation
2.      - Drag Process yang menjelaskan kegiatan manual memeriksa SOP lembar 3 dan LPB lembar 2
-          Drag Manual Operation yang menjelaskan kegiatan manual “Melakukan Penyimpanan Barang”
3.      Drag Document menjadi 2 : Document  1 menjelaskan  “SOP lembar 3 diarsip tetap berdasarkan tanggal” nanti di drag Extract untuk menggambarkan arsip permanen.

4.      Berikut adalah flowchart BAGIAN GUDANG PARAGRAF 2 KOMPUTERISASI

BAGIAN PEMBELIAN KOMPUTERISASI
1.       pembelian menerima SPP lembar 2 dari bagian gudang

2.       Drag Manual Operation untuk  menjelaskan kegaiatan manual yaitu “melakukan Penawaran Harga dan menentukan Pemasok”
3.       Drag Process untuk menjelaskan “membuat Surat Order Pembelian (SOP) sebnayak 4 lembar”


4.       Drag Process untuk menjelaskan kegiatan Kompeterisasi yaitu “mencetak SOP sebanyak 4 lembar”

5.       Drag Document untuk menjelaskan :
-          SOP lembar 1 diberikan ke pemasok
-          SOP lembar 2 diberikan ke bagian penerimaan barang
-          SOP lembar 3 diberikan kepada bagian Gudang
-          SOP lembar 4 dan SPP lembar 2 diarsip berdasarkan tanggal
6.       Berikut adalah flowchart Bagian Pembelian























BAGIAN KOMPUTERISASI PENERIMAAN BARANG
1.      Drag Off Connection isi No 2 lalu Drag Document menjelaskan “SOP lembar 2”, lalu drag Process menjelaskan “menerima Faktur bersama barang dari pemasok”
2.       Drag Document isi FAKTUR lalu drag Decision  menjelaskan  kegiatan “Mencocokkan dokumen serta mutu dan kualitas barang”
3.       Drag shape Document untuk membuat dokumen SOP 2 dan Faktur sedangkan untuk keterangan “bersama barang” drag shape Annocation. Untuk off connection 4 drug shape Off Page Connection yang menjelaskan  SOP lembar 2 dikembalikan ke bagian pembelian,  dan untuk Pemasok drug Terminator.
4.       Kegiatan selanjutnya yaitu apabila cocok “Membuat LPB 2 Lembar” dengan cara Drag shape Process, lalu “Mencetak LPB 2 lembar” dengan cara Drag shape External Entity

5.       Drag shape Document untuk menjelaskan faktur di serahkan ke bagian keuangan yang  membuat lagi off connection dengan drag shape Off page reference diberi nomor 5
6.       Drag kembali shape Document menjelaskan LPB lembar 2 diserahkan ke bagian gudang dengan membuat off connection bernomor 6.

7.       Drag kembali shape Document yang menjelaskan LPB Lembar dan SOP lembar 2 diarsip. Untuk membuat arsip, drag Merge lalu beri tanda T
8.       Dan inilah hasil flowchart kegiatan komputerisasi Bagian Penerimaan Barang


BAGIAN KEUANGAN PARAGRAF 1
1.      Drag Off Connection menjadi 2 yaitu Off connection isi No 5 menjelaskan “Faktur dari bagian penerimaan baru” . Off Connection isi No 7 menjelaskan “ LPB lembar 2”
2.      Drag Process yang menjelaskan “Memeriksa Faktur dan LPB 2”

3.       Drag Process menjelaskan “melakukan pembayaran”,  lalu drag Annotation (keterangan) menjelaskan “Pembayaran via ATM”
4.       Drag Process menjelaskan kegiatan “entry data keuangan”  lalu drag DataBase menjelaskan “Database keuangan”, lalu drag Manual Operation menjelaskan kegiatan manual “membuat BKK 3 lembar” dan Drag Process menjelaskan “mencetak BBK 3 lembar”
5.      Drag Document menjadi 6 Di dalam Document 1 yang menjelaskan “BKK 1 dibawahnya akan diberikan kepada pemasok. “
Di dalam Document 2,3,4,5,6 yang menjelaskan BKK 2, BKK3 LPB 2,Faktur dan BT” nanti di drag Merge untuk menggambarkan arsip yang dapat digunakan kembali. Lalu Drag On Conection isi no 1masih berhubungan dengan halaman selanjutya













BAGIAN KEUANGAN PARAGRAF 2 KOMPUTERISASI
1.      Ketik pemasok , lalu drag Manual Operation menjelaskan kegiatan manual “menerima Faktur Lunas dari pemasok”
2.      Drag Document lalu isi Faktur Lunas (FL) , Drag Decision menjelaskan “Mencocokan dokumen  BKK lembar 2, BKK lembar 3 dan Faktur Lunas (FL)”
3.      Drag Keputusan (Decision) “TIDAK” menjelaskan “Jika tidak cocok Faktur Lunas dikembalikan ke pemasok”
4.      Drag Manual  Operation “YA” menjelaskan “apabila cocok  maka dilanjutkan kebagian selanjutnya , lalu drag Manual Operation  menjelaskan “ Mengotorisasi BKK lembar 2 dan BKK lembar 3”, lalu drag Annotation (keterangan ) isi LUNAS

5.      Drag Documents menjadi 3 yaitu Documents 1 menjelaskan “FL” , Document 2 menjelaskan “BBK lembar 2 oto diserahkan ke bagian akuntansi ” dan Documen 3  menjelaskan “BBK lembar 3 oto diarsip tetap berdasarkan tanggal ” nanti di drag Off Connection untuk dikirim ke bagian selanjutnya. Drag Merge untuk menggambarkan arsip yang dapat digunakan kembali
6.      Berikut adalah flowchart BAGIAN KEUANGAN  KOMPUTERISASI PARAGRAF 2

BAGIAN AKUNTANSI KOMPUTERISASI
1.      Drag Off Connection isi No 8 lalu Drag Document menjadi 2 : Document 1 untuk menjelaskan “menerima BKK lembar 2 OTO dari bagian keuangan ” dan Document 2 untuk menjelaskan “Faktur Lunas dari bagian keuangan”
2.      Drag Process untuk menjelaskan kegiatan manual “memeriksa BKK 2 lembar OTO dan Faktur Lunas”
3.      Drag Process untuk menjelaskan kegiatan manual “Membuat Jurnal” . Drag Data untuk menjelaskan “Jurnal”
4.      - Drag Documents menjadi 3 yaitu Documents 1 menjelaskan “LPT diserahkan ke pimpinan” , Document 2 menjelaskan “BBK lembar 2 oto diserahkan ke bagian akuntansi ” dan Documen 3  menjelaskan ”FL diarsip tetap berdasarkan tanggal” nanti di drag Extract untuk menggambarkan arsip permanen.
-          Drag Data menjelaskan Jurnal lalu drag Document jadi 2 : Data 1 menjelaskan “Buku Besar dan Data 2 menjelaskan Kartu Persediaan.
5.      Berikut adalah flowchart BAGIAN AKUNTANSI KOMPUTERISASI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Perusahaan Indofood Makmur

MAKALAH KOPERASI “KOPERASI SIMPAN PINJAM WARGA SMK PGRI 1 TANGERANG”

Latihan Zahir