All About Indofood & Go-Jek




 INDOFOOD




>Sejarah singkat 


             PT. Indofood Sukses Makmur Tbk , merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah lama menjadi produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang berdiri pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma dan pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk .  

             Setahun setelah perubahan nama perusahaan pada tahun 1995 PT Indofood Sukses Makmur Tbk mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari perusahaan tepung yang berskala nasional dengan berbagai produk-produk unggulan diantaranya adalah tepung beras Rosebrand, tepung terigu Kunci Biru, Segitiga Biru,dll. Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan seperti 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi di tahun 1997 , 60% saham perusahaan kemasan karton di tahun 2004 , mengakuisisi 55% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd. di tahun 2006 .


>Lokasi Kantor Pusat dan jenis usaha 
           
            Sampai saat ini kantor pusat PT Indofood Sukses Makmur Tbk berada di Sudirman Plaza Indofood Tower Lantai 27 Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 76-78 Jakarta. Perusahaan makanan dan minuman ini termasuk kedalam kelompok jenis perusahaan manufaktur, yaitu perusahaan yang mengelola bahan-bahan mentah sehingga menjadi barang jadi yang siap untuk dipasarkan kepada konsumen.


>Pendapatan 5 tahun terakhir

            Dari proyeksi pendapatan di tahun 2012 mencapai Rp 50,4 triliun. Sementara itu memperkirakan laba bersih Indofood naik 11,1% dari Rp 3,6 triliun tahun 2012 menjadi Rp 4 triliun di tahun 2013 . Pada tahun 2013 pendapatan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mencapai Rp57,73 triliun , penjualan bersih konsolidasi Indofood sepanjang periode 2014 sebesar Rp63,59 triliun meningkat 14,3% dari Rp57,73 triliun pada tahun sebelumnya , penjualan bersih konsolidasi di tahun 2015 hanya meningkat 0,7% menjadi Rp64,06 triliun , laba usaha naik menjadi Rp7,36 triliun dari Rp7,32 triliun dan marjin laba usaha menjadi stabil pada level 11,5% . Di tahun 2016 laba perusahaan mencapai Rp 4,144 triliun dan pendapatannya memperoleh Rp 66,75 triliun . 





GO-JEK 







>Sejarah Singkat 

     Go-Jek merupakan transportasi online pertama buatan Indonesia karya anak bangsa yang berdiri pada tahun 2010 yang dibuat oleh Nadiem Makarim seorang pemuda Indonesia lulusan Harvard Business School dan bersama seorang temannya Michaelangelo Moran . Berawal dari melihat para ojek pangkalan yang hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan , dari situlah terpfikir untuk mendirikan sebuah perusahaan jasa transportasi online dengan nama perusahaan PT Go-jek Indonesia yang bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan penumpangnya melalui sebuah aplikasi yang sudah dirancang yang diberi nama GO-JEK . 

 

 >Jenis Usaha & Lokai Kantor Pusat


Go-Jek merupakan layanan jasa online  dan termasuk ke dalam   jenis usaha e-business ( kegiatan bisnis yang dilakukan menggunakan media elektronik) dan e-commerce (proses pembelian produk/jasa yang dilakukan melalui media elektronik berbasis online).  Go-Jek ini menggunakan sebuah system dalam aplikasi yang sudah dirancang sedemikian rupa agar penumpang dapat memesan Go-Jek lebih mudah dan cepat dalam mencari driver untuk menuju ke lokasi tujuan  . Selain itu dalam aplikasi tersebut tidak hanya menawarkan jasa tranportasi saja beberapa jasa juga diberikan seperti Go-Car , Go-food , Go-Ride , Go-Send , Go-Mart , Go-Box , Go-Massage , Go-Clean , Go-Glam, dll . Sistem pembayaran Go-Jek dapat dilakukan secara tunai dan non tunai seperti ATM , MobileBanking , dan InternetBanking . Lokasi kantor pusat PT Go-Jek berada di Jl.Kemang Selatan Raya 99B, Jakarta Selatan .


>Omset

 Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang gojek bisa mencapai Rp 4 Juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan 20% sisanya untuk perusahaan gojek.
 
 (Diakses 12Oktober2017)

 Sumber :
 http://www.academia.edu/30194878/Sejarah_Berdirinya_Gojek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Perusahaan Indofood Makmur

MAKALAH KOPERASI “KOPERASI SIMPAN PINJAM WARGA SMK PGRI 1 TANGERANG”

Latihan Zahir