TUGAS PENGANTAR BISNIS "FINTECH"

Perkembangan Fintech Startup di Indonesia



     Bisnis startup di Indonesia terus berkembang. Misalnya saja dengan maraknya e-commerce (toko online) atau situs portal berita. 
Salah satu yang kini meraja merupakan sebuah industri baru financial technology atau biasa disebut Fintech.
Keberadaan Fintech bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi  dan juga meningkatkan literasi keuangan. 
Perusahaan-perusahaan Fintech di Indonesia didominasi oleh perusahaan-perusahaan startup dengan potensi besar.
National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau Fintech sebagai innovation in financial services atau inovasi dalam layanan keuangan.
Di Indonesia sendiri, Fintech berkembang di berbagai sektor, mulai dari startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan, dan lain-lain.
Perusahaan Fintech Indonesia
Dengan perkembangan yang sangat pesat, peminat bisnis Fintech semakin meningkat. Hal ini bisa terlihat dari maraknya penyelenggara jasa pinjam meminjam online yang mendaftarkan diri ke pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Adrian Gunadi, selaku Wakil Ketua Asosiasi Fintech Indonesia, juga mengatakan bahwa potensi bisnis ini masih sangat luas. Mengingat banyaknya masyarakat yang belum terjamah oleh lembaga pembiayaan konvensional.
Beberapa Perusahaan Fintech Indonesia sebagai berikut:
1. CekAja
Berdiri sejak 2013, CekAja merupakan sebuah portal keuangan yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan finansial.
Dengan mengusung prinsip kesederhanaan, keamanan, dan akurasi, Fintech Indonesia yang satu ini menawarkan jasa pembanding produk keuangan seperti contohnya investasi, asuransi, serta produk pinjaman (kredit).
CekAja tidak mengenakan biaya alias gratis bagi konsumennya, misalnya saja jasa konsultasi gratis via live chat atau call centre.

2. HaloMoney

Serupa halnya dengan CekAja, HaloMoney juga memungkinkan Anda untuk membandingkan beberapa produk keuangan seperti asuransi, produk pinjaman, dan lain-lain.
Perusahaan HaloMoney merupakan sebuah bagian dari Compare Asia Group, perusahaan pembanding produk keuangan yang cukup besar dan ternama yang sudah beroperasi di Hong Kong, Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Filipina.

3. Doku

Menjadi perusahaan terbesar dan tercepat perkembangannya dalam risk management solution dan electronic payment solution di Indonesia, Doku tetap menjalankan tugasnya dengan rendah hati.
Perusahaan ini senantiasa menyediakan jasa pembayaran elektronik serta aplikasi smartphone dengan bekerja sama dengan platform perdagangan online seperti Metropolitan, Land, AliExpress, dan lain-lain.

4. Veritrans

Merupakan perusahaan yang menyediakan jasa payment gateaway setup. Veritrans memudahkan konsumen dalam metode pembayaran.
Veritrans menyederhanakan proses pembayaran dengan adanya integrasi antara seluruh cara pembayaran, misalnya T-cash, XL Tunai, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, dan pembayaran kartu kredit lainnya.
Dengan kerja sama luar biasa bersama bank-bank ternama di dunia, seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lainnya, Veritrans terus menunjukkan eksistensinya di bisnis Fintech ini.

5. Ruma

Berdiri sejak ditemukan oleh Aldi Haryopratomo, Ruma menjadi sebuah provider survei masyarakat menengah ke bawah terdepan di bidangnya.
Perusahaan ini menyediakan sistem transaksi yang sangat membantu bagi bisnis rumahan seperti contohnya kredit via handphone, jasa finansial serta invoicing.
Ruma juga menawarkan jasa training bagi para masyarakat yang gagap teknologi agar bisa menggunakan aplikasinya dengan mudah.
 

6. NgaturDuit

NgaturDuit menawarkan jasa untuk membantu pengguna dalam mengatur keuangannya, mencakup expense reporting, investment portfolio monitoring, hingga budgeting.
Seluruh jasa ini diberikan gratis, sehingga menjangkau target masyarakat menengah ke bawah yang memiliki bisnis kecil-kecilan hingga pasangan baru menikah.

7. Jojonomic

Ditemukan oleh Indrasto Budisantoso pada tahun 2015, Jojonomic telah menjadi salah satu penyedia aplikasi pengaturan keuangan pribadi ternama.
Aplikasi yang user-friendly memungkinkan penggunanya untuk mengatur keuangan dengan mudah, yaitu dengan mencatat pengeluaran dan pemasukannya secara praktis.
 

8. Cermati

Perusahaan Fintech Indonesia yang menyediakan teknologi finansial di Indonesia berupa informasi lengkap dari produk perbankan yang dapat langsung dibandingkan.
Misalnya saja, Anda bisa membandingkan beberapa produk kredit, deposito, hingga produk tabungan.
Dengan visinya yaitu menggunakan teknologi untuk menyediakan informasi keuangan yang dapat digunakan oleh siapa saja, perusahaan ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mengambil keputusan keuangan yang bijak.

9. Aturduit

Seperti namanya, perusahaan ini menyediakan bantuan untuk memudahkan pengguna dalam membandingkan produk pinjaman, asuransi, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan lainnya.
Situs ini memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan keuangan yang bijak dan cerdas dengan kondisi finansial Anda yang tentunya berbeda satu sama lain.
10. Kartuku
Berdiri sejak 2011, Kartuku merupakan salah satu perusahaan pembayaran elektronik tertua di Indonesia.
Kartuku menawarkan hardware products dan solusi software yang akan memudahkan proses pembayaran Anda, seperti contohnya:
  • Payment terminals
  • Card printers;
  • Encoders;
  • Network access equipment;
  • Internet payment giveaway;
  • Transaction processing switch;
  • Terminal line encryption;
  • Smart card applications 
 ini-negara-yang-akan-menjadi-markas-fintech-asia-1-finansialku 

Finansialku

Tentunya jika membahas perusahaan Fintech di Indonesia, Finansialku juga termasuk di dalamnya. Finansialku sendiri merupakan sebuah portal perencana keuangan untuk individu dan keluarga di Indonesia.
Di Finansialku.com, Anda bisa mewujudkan tujuan keuangan  Anda dengan perencanaan keuangan yang tepat.
Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.
(Diakses tgl 12 Oktober 2017)
Sumber :

Sumber Referensi:
  • Angela Scott-Briggs. 5 Desember 2016. FINTECH NEWS: Top 10 Fintech Companies Indonesia. Techbullion.com – https://goo.gl/eUxLcE
Sumber Gambar:

BAREKSA.COM
  
Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013. Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.

Didirikan dan diawaki anak-anak muda yang berpengalaman di bidang pasar modal, teknologi informatika dan media digital, Bareksa.com memiliki visi dan misi untuk ikut menumbuh kembangkan dunia investasi di kalangan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan Internet. Bareksa.com juga berambisi turut serta semakin meningkatkan eksposur dunia investasi nasional ke pasar global.

Dalam Bahasa Sansekerta, 'bareksa' berarti pohon. Adalah cita-cita kami, sebagaimana namanya, kehadiran Bareksa.com dapat turut membuat dunia investasi nasional semakin tumbuh rindang dan berbuah lebat bagi kesejahteraan masyarakat luas.
KITABISA.COM
Apa itu Kitabisa?
Kitabisa adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online (crowdfunding) terpopuler di Indonesia.
Sejak tahun 2013, Kitabisa adalah wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan (kami sebut para #OrangBaik) yang ingin:

  1. Menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman campaign) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
  2. Berdonasi kapan saja secara online ke campaign-campaign di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ia peduli.
Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia.


KOINWORKS.COM

Apa itu KoinWorks?

KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani investasi online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif, menghubungkan Investor dengan Peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir. Investor dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.
 
(Diakses tgl 12 Oktober 2017)

Sumber : 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Perusahaan Indofood Makmur

MAKALAH KOPERASI “KOPERASI SIMPAN PINJAM WARGA SMK PGRI 1 TANGERANG”

Latihan Zahir